Selasa, 22 Januari 2013

Berdoa kepada Allah


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum wr wb Semoga kita selalu diberikan kebahagiaan oleh Allah swt dengan mencintai-Nya sepenuh hati. Sahabatku yang baik hatinya.


Manusia adalah makhluk lemah, yang tidak akan bisa menyelesaikan seluruh permasalahan kehidupan yang begitu rumit, baik dengan usahanya, dengan otaknya, ataupun dengan kemampuannya sendiri. Ada suatu saat manusia mempunyai masalah yang tidak bisa diselesaikan meskipun sudah berusaha sungguh-sungguh dan meminta bantuan kepada manusia-manusia lain (orang tua, teman, sahabat, dll). Dia tetap menemui jalan buntu. Maka tidak ada cara lain karena memang manusia adalah makhluk yang lemah, kita harus berdoa kepada Allah yang Maha Kuasa dan yang Maha Sempurna agar kita diberikan kesabaran dan dibantu menyelesaikan permasalahan kita. YA hanya Allah swt yang bisa karena Dialah yang Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa.


Keutamaan berdoa kepada Allah
1. Merupakan ibadah yang begitu mulia


لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمُ عَلَى اللهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

"Tidak ada sesuatu yang paling mulia bagi Allah Ta'ala daripada doa." (HR. Ahmad, Bukhari dalam Al Adabul Mufrad, Tirmidzi dan Hakim, dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jami' no. 5392)


Ini salah satu Doa meminta perlindungan dari api neraka.

1. Hadits tentang anjuran berdoa: Allahumma ajirni minannar ...

Dari Muslim bin Al Harits Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:


إِذَا انْصَرَفْتَ مِنْ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ فَقُلْ اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ النَّارِ سَبْعَ مَرَّاتٍ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ ثُمَّ مِتَّ فِي لَيْلَتِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا وَإِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقُلْ كَذَلِكَ فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ فِي يَوْمِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا

“Jika engkau telah selesai shalat maghrib, bacalah: “Allahumma Ajirni Minan naar,” (Ya Allah jauhkanlah aku dari api neraka) sebanyak tujuh kali. Jika engkau membacanya lalu mati pada malam hari maka dicatat bagimu perlindungan dari api nereka. Jika engkau membaca setelah shalat shubuh, jika engkau mati pada hari itu maka dicatat bagimu perlindungan dari api neraka.” (HR. Abu Daud, No.5079. Imam Ahmad, No. 17362. Ibnu Hibban, No. 2056, beliau menshahihkannya. Dalam Kitab Raudhatul Muhadditsin, disebutkan bahwa hadits ini hasan, Juz. 11, Hal. 358, No. 5358. Sementara Syaikh Al Albani mendhaifkannya dalam As Silsilah Adh Dhaifah No. 1624. Darul Ma’arif)

Hadits ini sangat jelas bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bukan hanya mengajarkan dzikir, tetapi juga permohonan setelah selesai shalat wajib. Redaksi hadits ini, dengan menggunakan fi’il amr (kata kerja perintah) jelas-jelas berisi tentang permintaan, yakni permohonan agar terhindar dari api neraka.





untuk doa doa yang lain silahkan browsing sendiri. hehehe

Jadi mari kita istiqomah dalam berdoa, dan meminta kepada Allah swt agar kita tidak bosan berdoa dan terus diberi kesabaran dan rasa syukur, manakala doa kita masih belum di kabulkan oleh Allah swt.











0 komentar:

Posting Komentar